Presiden Joko Widodo Gratiskan Listrik 450VA Selama Tiga Bulan Dari April Sampai Juni

Tiga Tahapan Pilkada Serentak 2020 Ditunda

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan untuk menunda sementara tahapan pemilihan kepala daerah 2020 sebagai langkah mengantisipasi penyebaran virus corona.

Adapun tiga tahapan pilkada serentak yang dimaksud yaitu pelantikan panitia pemungutan suara (PPS), verifikasi bakal calon perseorangan rekrutmen PPDP dan pencocokan dan penelitian data pemilih. Hal ini dikarenakan ketiga tahapan tersebut menimbulkan kontak fisik dan dilakukan diantara banyak orang yang tentu saja dapat memperbesar potensi penularan virus corona.

Komisioner KPU Viryan Azis mengatakan bahwa persebaran Covid-19 merata dan semakin masif dan tahapan penyelenggaraan pilkada dalam waktu dekat sangat mungkin terjadi kontak fisik.

Kemudian beliau juga mengatakan bahwa penundaan akan berlangsung hingga masa status darurat corona berakhir.

Penyelenggaraan pilkada serentak yang telah ditetapkan jatuh pada 23 September 2020 juga tergantung pada situasi dan perkembangan penanganan corona.

Pilkada serentak 2020 sendiri dijadwalkan digelar di 270 wilayah yang terdiri dari sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Masa kampanye sendiri dijadwalkan mulai 11 Juli sampai 19 September 2020.