Presiden Joko Widodo Gratiskan Listrik 450VA Selama Tiga Bulan Dari April Sampai Juni

Sedikit Kisah Mengenai Minyak Karo

Bagi masyarakat Sumatera Utara pasti sudah tidak asing dengan minyak karo. Minyak yang satu ini terbukti ampuh untuk menangani bermacam penyakit seperti gatal-gatal, pegal, masuk angin, luka bakar bahkan sampai digigit ular sekalipun.

Dengan banyaknya khasiat yang ada pada minyak ini ditambah dengan harganya yang cukup terjangkau menjadi alasan banyak masyarakat Sumatera Utara menggunakan minyak ini sehari-hari.

Minyak ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti jahe, serai, daun sirih, bawang merah, bawang putih, temulawak, jeruk purut, kencur, bunga lawang, akar wangi, kelapa hijau dan kemungkinan bahan-bahan yang lain.

Beberapa peracik mengaku memiliki bahan rahasia yang diturunkan dari nenek moyang bahkan ada cerita yang mengatakan ada unsur mistis yang terlibat dalam pembuatan minyak ini.

Baca juga : Resep Nasi Goreng Kampung

Terlepas dari cerita tersebut, yang jelas saat ini penulis sudah merasakan sendiri manfaat minyak ini. Minyak yang belakangan terkenal sampai ke kalangan diluar masyarakat Sumatera Utara setelah pemain badminton nasional Anthony Ginting mengalami kram kaki di laga final kelas beregu putra dan sang ibu memberikan minyak karo untuk mengobati kram tersebut.

minyak karo

Pengalaman penulis dengan minyak karo ini terjadi ketika anak penulis mengalami gigitan nyamuk di daerah muka. Anak ini masih berumur sekitar dua bulan dimana bayi dengan umur ini masih memiliki kulit yang sensitif sehingga gigitan nyamuk akan menyebabkan muka bentol-bentol merah berhari-hari.

Setelah dua hari tidak kunjung sembuh malah semakin memerah, penulis memutuskan untuk membawanya ke dokter. Dokter mengatakan bahwa anak ini mengalami alergi dan memberikan obat salep/oles. Sesampainya dirumah obat ini penulis oleskan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk, namun besoknya masih belum ada perkembangan yang berarti.

Kemudian penulis teringat dulu mertua pernah mengirim minyak karo kepada kami dimana pada label yang ada di botolnya dituliskan dapat mengobati gigitan serangga, lalu tanpa menunggu lebih lama lagi penulis langsung mengoleskan minyak karo ke area muka yang terkena gigitan nyamuk.

Esoknya penulis dapati bahwa wajah anak penulis sudah membaik, merah-merah yang ada di wajahnya mulai hilang dan sudah tidak bentol/bengkak lagi. Sejak itu penulis selalu membalurkan minyak ini ke anak penulis ketika baru selesai mandi.

Belakangan ini penulis juga mendapat informasi bahwa minyak karo juga berkhasiat untuk menguatkan tulang bayi/anak, caranya cukup dioleskan saja ke badan, kaki dan tangannya.

Beruntung rasanya kita memiliki banyak tumbuhan herbal yang dapat diolah untuk mendapatkan khasiatnya bagi kesehatan. Bagi anda yang belum pernah mencoba minyak karo, saran saya cobalah dan rasakan sendiri manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *