Presiden Joko Widodo Gratiskan Listrik 450VA Selama Tiga Bulan Dari April Sampai Juni

Memilih Masker Yang Tepat Untuk Menghalau Virus Dan Bakteri

Pandemi corona covid-19 yang saat ini melanda seluruh dunia mengakibatkan permintaan terhadap beberapa alat kesehatan meningkat. Salah satu alat kesehatan yang banyak dicari orang adalah masker.

Masker dianggap penting karena dapat melindungi orang yang memakainya dari partikel kecil seperti virus masuk kedalam tubuh melalui alat pernafasan.

Saat ini banyak jenis masker yang beredar dipasaran. Namun tahukah anda masker seperti apa yang dapat melindungi anda dari virus dan bakteri terkhusus virus corona covid-19?

Berikut akan kami jelaskan jenis-jenis masker yang ada dipasaran beserta tingkat efektivitas yang dimiliki oleh masing-masing masker tersebut.

  • Masker N95

Merupakan masker yang memiliki tingkat proteksi paling baik. Dapat mencegah 95% virus, 100% bakteri, 100 % debu dan 100% partikel kecil.

  • Masker Bedah atau Surgical Mask

Merupakan masker yang sering digunakan di rumah sakit atau oleh petugas medis. Masker ini merupakan masker sekali pakai yang memiliki tiga lapisan yaitu lapisan luar anti air, lapisan tengah yang berfungsi untuk menyaring kuman dan lapisan dalam yang berfungsi untuk menyerap cairan dari mulut.

Masker ini memiliki tingkat proteksi terhadap virus sebesar 95%, bakteri 80%, debu 80% dan partikel kecil 80%.

  • Masker FFP1

Masker FFP1 merupakan masker yang berfungsi untuk melindungi pernafasan dari partikel yang berbahaya. FFP1 memiliki tingkat efektivitas terhadap virus sebesar 95%, bakteri 80%, debu 80% dan partikel kecil sebesar 80%.

  • Masker Active Carbon

Masker ini menggunakan karbon aktif sebagai penyaring polutan dan kuman yang masuk, namun masker ini kurang efektif untuk mencegah virus masuk. Tingkat proteksinya terhadap virus hanya sebesar 10%, bakteri 50%, debu 50% dan partikel kecil 50%.

  • Masker Kain

Seperti namanya, masker ini dibuat dari kain dan belakangan menjadi alternatif akibat sulitnya mencari masker N95 atau masker bedah dipasaran. Namun tingkat proteksi masker ini sendiri cukup rendah, bahkan tidak berguna sama sekali untuk mencegah virus. Terhadap bakteri hanya sebesar 50%, debu sebesar 50% dan partikel kecil 50%.

  • Masker Sponge

Masker ini lebih berfungsi sebagai busana atau fashion. Memiliki tingkat proteksi paling rendah dibanding jenis masker yang disebutkan diatas. Masker ini tidak berfungsi sama sekali untuk melindungi dari virus dan hanya memiliki tingkat proteksi sebesar 5% terhadap bakteri, 5% terhadap debu dan 5% terhadap partikel kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *